Teknologi Pertanian Karya Anak Negeri, Drone Sawah

by muliyadi on May 30, 2019, 3:22 am

Meskipun drone bukanlah berasal dari Indonesia, namun Balai Penelitian Lingkungan Pertanian Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, Jawa tengah, berhasil memanfaatkan teknologi tersebut untuk kegiatan pertaniannya. Pemanfaat drone di Kecamatan tersebut adalah sebagai penyemprot pestisida. Karena teknologi tersebut, penyemprotan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Selain bisa mengurangi dampak terpaparnya pestisida terhadap penyemprotnya, penyemprotan pestisida ini bisa dilakukan sangat cepat untuk lahan yang luas. Dipaparkan bahwa penyemprotan satu hektar sawah hanya dilakukan selama setengah jam. Sedangkan apabila menggunakan cara manual bisa memakan waktu hingga tiga jam lamanya. Sangat inovatif bukan?

Kelima teknologi pertanian hasil pemikiran kreatif anak negeri itu beberapa telah diakui oleh dunia. Beberapa diantaranya mampu memajukan sektor pertanian dan yang lain bisa memanfaatkan hasil pertanian untuk pemanfaatan teknologi ramah lingkungan. Semakin besar harapan kepada anak penerus generasi bangsa untuk menghasilkan inovasi lain guna pengembangan pertanian Indonesia.

Sumber: mediatani.co